Rabu, 18 Mei 2011

Oreo Butter Cake

Ini bikinnya dalam rangka mendadak. Mau menjenguk keluarga yang baru pulang mudik. Secara ya hujan terus, alhasil ga bisa kemana-mana. Akhirnya setelah nge rekap bahan-bahan apa saja yang ada di rumah, kubuatlah cake ini. Resepnya sih nyontek dari blog Cik Mat Gebu, Adnan Ibrahim (thank you so much Cik, it’s very nice). Reaksi dari yang makan positif semua, rata-rata bilangnya maknyus hehe… Memang mirip dengan marmer cake sih, tapi sensasi oreonya bikin beda. Ada kesan krenyes-krenyesnya gitu katanya…

Naaaah berhubung di rumah masih ada stock coklat block, jadi garnishnya ya corat-coret pakai itu aja hahaha…. Maklum seadanya.

Karena Resepnya versi Malaysia so aku tulis ulang ya, tapi ntar aku lampirkan juga aslinya, simak ya….

Bahan-bahan:
250 gr mentega
135 g gula halus ( aku pakai gula pasir yang aku blender sebentar)
5 butir telur, pisahkan kuning dan putih telurnya
135 g tepung terigu protein sedang
2 sdt baking powder
25 g susu bubuk (aku tambahkan susu bubuk)
1 sdt essen vanilla
10 keping biscuit oreo, pisahkan creamnya kemudian haluskan.

Cara Membuat:
1.         Siapkan Loyang (aku pakai Loyang brownies ukuran 30 x 10 x 4 cm). Olesi dengan margarine alasi dengan kertas roti kemudian oles lagi dengan matgarine. Tapi untuk butter cake aku lebih suka mengolesi Loyang dengan margarine kemudian ditaburkan sedikit tepung, hasil kuenya jadi lebih rapi hehehe…
2.       Kocok mentega dengan sebagian gula halus hingga putih dan mengembang. Masukkan kuning telur satu persatu. Tambahkan essen vanilla.
3.       Turunkan kecepatan mixer hingga speed 1, masukkan tepung terigu yang sudah diayak dengan baking powder dan susu bubuk sedikit demi sedikit hingga rata, kemudian sisihkan
4.        Dalam wadah yang lain, kocok putih telur. Tambahkan sisa gula halus sedikit demi sedikit hingga kaku tetapi tidak kering (soft peak)
5.       Tambahkan kocokan putih telur tsb ke dalam adonan mentega, aduk balik hingga rata.
6.       Bagi dua adonan, satu bagian tambahkan oreo.
7.        Tuang ke dalam Loyang secara berselang seling.
8.       Panggang di dalam oven hingga kuning kecoklatan, lakukan tes tusuk ya.


Berikut resep aslinya versi Mat Gebu Adnan Ibrahim:

Bahan-Bahannya :-)
250 g mentega
135 g gula halus
5 biji telur gred A, asingkan kuning dan putih
135 g tepung halus (mat guna tepung gandum)*
2 camca teh baking powder*(*disatukan dan diayak)
1 camca teh esen vanilla
10 keping biskut "Oreo" dikisar halus

Cara membuatnya :-)
  1. Putar mentega bersama 1/2 bahagian gula halus hingga putih, masukkan kuning telur satu persatu sambil terus memutar hingga kembang. Masukkan esen vanilla, gaul rata.
  2. Perlahankan speed, masukkan tepung sedikit demi sedikit hingga habis. Gaul rata dan ketepikan.
  3. Dalam mixing bowl yg bersih dan kering, putar putih telur hingga berbuih, masukkan baki gula halus dan putar hingga kental, tetapi tidak keras.
  4. Masukkan putih telur dalam adunan mentega dan gaul menggunakan kaedah kaup balik, sehingga rata. Bagi 2 adunan tadi. satu bahagian campur dengan oreo kisar dan satu lagi pada adunan asal.
  5. Tuang berselang seli dalam acuan (8 x 9 x 3 ) inci yang telah disapu mentega dan alas dasarnya dengan kertas minyak. Bakar dalam oven yg telah dipanaskan pada suhu 175C, selama 35 - 45 minit. Bergantung pada oven masing2..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar