Rabu, 18 Mei 2011

Lasagna



Kemaren bikin lasagna, terinspirasi dari Ibu Budi namanya. Tanks ya bu sudah boleh ngintipin resepnya hehehe… tapi  aku modif sih sedikit disesuaikan dengan aku yang maniak keju (maaf ibu…) Baru aja keluar oven langsung aku hajar aja hahaha… Padahal ken harusnya di didinginkan dulu sebentar supaya gampang dipotong2. Lha bagaimana mungkin, aromanya itu huaaaa…. Dan memang juara banget deh, kalo ga inget “sumpah  diet” pasti sdh lupa diri deh hadeuuuh….

Yang mau ikutan Berikut resep lasagna beserta yg sdh aku modif:
Bahan Isi:
75 gr daging cincang (aku pakai sampai 200 gr hehehe…)
100 gr wortel (aku serut)
100 gr labu jepang (aku serut juga)
100 gr saos tomat
50 gr cabe merah giling
50 gr bw Bombay cincang
1 sdt bw putih cincang
Gula pasir, lada (aku pake lada putih n lada hitam plus aku tambahin pala bubuk), dan garam secukupnya.
Caranya: Tumis bw Bombay dan bw putih hingga harum, masukkan daging dan sayuran tumis hingga layu. Masukkan bumbu2 lainnya, tambahkan air masak hingga matang.

Pasta/Lapisan:
100 gr tepung terigu
2 btr telur
250 ml santan (aku pake susu cair)
50 gr minyak sayur (aku pake 1 sdm margarine, dicairkan)
Caranya: Campur semua bahan hingga rata dan lembut, diamkan 15 menit kemudian buat dadar.

Bahan Cream:
1 cangkir santan (aku pakai 250 ml susu cair)
2 sdm tepung terigu
1 butir telur
Garam, merica dan bawang putih
(aku tambahkan 100 gr keju melt dan butter)
Caranya:Panaskan butter, masukkan tepung terigu. Tambahkan susu, biarkan hangat. Tambahkan telur dgn cara di pancing. Masukkan gula, garam dan merica (bw putihnya aku escape hehehe…). Terakhir tambahkan potongan Keju , biarkan hingga cair, angkat.

Penyelesaian:
Susun Lapisan pasta di dasar Loyang, biarkan hingga 2 lapis. Tuang sedikit bahan isi, ratakan. Tuang juga sedikit bahan cream, ratakan. (resep aslinya bahan cream disiram di atas jd toppingnya, tapi aku taruhnya di setiap lapisan hehe… maklum keju mania). Lakukan terus bergantian hingga membentuk lapisan dan bahan habis. Oiya jgn lupa agak ditekan2 ya supaya padat. Paling atas siram dengan bahan cream (aku taburkan daun parsley) baru deh dipanggang hingga keemasan. Lasagna ready n sooooo yummy…. (sumpah gw suka buangets!)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar