Kamis, 19 Mei 2011

Mie Ayam


Bikin mie ayam sebetulnya mudah, cuman kadang butuh waktu. Apalagi kalau pakai acara bikin mie nya sendiri. Aku yang orangnya suka yang praktis alias masak cemplang cemplung (ngeles padahal males hihihi...) yaudah bikin mie ayam ini kalo bener-bener niat banget hahaha... Kadang mie nya aku beli yang sudah jadi, entah itu dari mie ayam basah atau dari mie keriting yang kering. 
Anyway, mie ayam ini salah satu menu favorite aku. Kadang kalau beli diluaran suka ragu-ragu, apalagi sekarang banyak beredar berita tentang saus aspal atau penggunaan formalin dan borax. Waduh, serem juga jadinya mau jajan mie ayam sembarangan. Nah, kalau sudah gini, jalan satu-satunya terjun sendiri deh ke dapur. Dan memang bikin sendiri jadi lebih tenang, selain itu bisa nambah sepuasnya hahaha.....

So berikut resepnya ya aku coba tulis menurut versi cinta dari hatiku 

Bahan:
500 gr Mie Ayam (Boleh dari mie ayam basah siap beli, atau mie keriting yang potongannya agak besar, rebus dulu hingga matang kemudian tiriskan. untuk pembuatan mienya sendiri next time deh kita bahas di lain page ya...hehe..)
500 gr daging ayam. Rebus kemudian potong kotak-kotak

Bumbu yang dihaluskan:
3 siung bawang putih
5 buah bawang merah
1 sdt ketumbar
jahe, kunyit sedikit
4 butir kemiri
kecap manis
penyedap rasa jika suka (aku sih ga suka hehe..)

Bahan Kaldu:
Air, Tulang ayam, garam, lada bubuk, bakso daging/ayam, dan irisan daun bawang/kucai

Bahan Pelengkap :
Telur puyuh rebus, sawi rebus, krupuk pangsit, kecap, saus, daun bawang dan bawang goreng untuk taburan.

Bahan Pencampur:
Minyak ayam

Cara Membuat:

Kaldu : Rebus air, masukkan tulang ayam (atau bisa dari air rebusan ayam) Tambahkan lada bubuk, garam dan bakso. Masak hingga harum. Sisihkan. Menjelang disajikan taburkan daun bawang/kucai dan bawang goreng.

Tumis Ayam: Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan potongan daging ayam. Tambahkan kecap kemudian masak sampai bumbu meresap.

Minyak ayam: Ambil kulit ayam dan lemaknya, tambahkan 2 siung bawang putih geprak. Panaskan di atas api kecil hingga minyaknya keluar seluruhnya. Ambil minyak tsb, siap untuk digunakan.

Penyelesaian:
Tata mie di dalam mangkuk, tambahkan 2 sdm minyak ayam. aduk hingga rata. Berikan tumisan ayam, telur puyuh rebus, sawi rebus. Taburkan daun bawang iris dan bawang goreng. Sajikan beserta kuah dan bahan pelengkap lain.

Note:
- Kalau ga suka daun bawang mentah bisa di tumis bersama daging ayamnya.
- Didalam tumisan ayam kadang-kadang aku tambahkan juga jamur hehe... kadang malah jamurnya lebih banyak dari ayamnya hehe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar